Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

calonTindak Lanjut Bagi Peserta Calon Sertfikasi Guru 2013~Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 7 Juli 2013, Pusbangprodik Kemdikbud secara resmi menampilkan daftar nama calon peserta sertifikasi guru 2013. Para peserta UK yang namanya tercantum didalam daftar calon peserta sergur 2013 tersebut mulai bertanya-tanya, apa tindak lanjut yang harus mereka persiapkan mengingat pemerintah telah menjadwalkan PLPG 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2013.

Mulai minggu ini, operator Dinas pendidikan akan segera melakukan proses  validasi data calon peserta sertifikasi 2013 melalui aplikasi AP2SG, karena hasil validasi data tersebut akan digunakan sebagai distribusi peserta ke masing-masing Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara sertifikasi guru yang berbasis program studi. Validasi data ini akan dilakukan terhadap bukti fisik yang dikirimkan calon peserta khususnya untuk memperbaiki data-data berikut ini :

  1. Masa Kerja
  2. Tanggal Lahir
  3. Jenjang dan Tempat Tugas
  4. Bidang Studi sertifikasi (khusus untuk peserta tidak lulus UKA/PLPG 2012)
  5. Latar Belakang Pendidikan
  6. Status Kepegawaian (NIP dan Golongan)

Proses validasi ini akan dilaksanakan hingga tanggal 21 Juli 2013 pukul 24:00 WIB. Dokumen A1 merupakan hasil validasi data yang dicetak melalui AP2SG oleh Dinas Pendidikan Kab./Kota untuk kemudian disertakan kedalam berkas sertifikasi guru untuk diserahkan ke LPTK serta sebagai bukti bagi peserta yang bersangkutan. Karenanya kepada bapak/ibu guru yang namanya termasuk dalam daftar calon, agar segera berkoordinasi dengan Dinas pendidikan setempat agar dapat dilakukan validasi data terhadap data guru bersangkutan, sehingga tidak terdapat lagi data yang salah misalnya masa kerja dan usia yang tidak rasional, jenjang tempat tugas serta bidang studi sertifikasi. Adapun dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan sebelumnya oleh peserta adalah sebagai berikut :

  1. Fotokopi  Ijazah S-1 atau D-IV, serta   Ijazah S-2 dan atau S-3  (bagi yang memiliki) dan disahkan oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan.
  2. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung (bagi PNS).
  3. Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru sampai dengan SK terakhir yang disahkan oleh pejabat terkait.
  4. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
  5. Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: