Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

maghMakanan Buah Yang Baik Sekaligus Sebagai Obat Sakit Magh~Alhamdulillah, Ramadhan 1434 H kembali mendatangi kita. Saya sekaligus mengucapkan selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1434 H semoga ibadah Ramadhan kita diridhoi Allah Azza wajalla, amiin.

Saya teringat salah satu penyakit yang akrab dan umum dikalangan pekerja keras, tak terlepas para gur, dikarenakan kesibukan sehingga makan menjadi tidak teratur. Ujung-ujungnya magh pun datang. Siapapun tentu merasa tidak nyaman dengan kondisi perut kembung dan bergas, apalagi jika sampai nyeri menusuk. Nah, agar puasa Ramadhan menjadi lebih nikmat, tentu kita berharap gangguan magh ini tidak lagi muncul dan hadir disela-sela keseharian kita. Jika mengkonsumsi obat kimiawi, banyak efek sampinya dan yang namanya obat, rasanya tidak enak bukan ?

Kali ini layanan PTK akan berbagi info makanan keseharian kita yang juga berfungsi sebagai obat magh. Disamping nikmat dan tidak terasa pahit, mudah-mudahan kita juga terhindar dari penyakit yang satu ini. Apa saja makanan buah tersebut ?

  1. Buah Pisang. Buah yang satu ini mengandung antasida, zat alami untuk mengobati magh. Buah ini dapat membersihkan saluran pada lambung. Meredakan sembelit karena sakit magh. Mengkonsumsi 1 buah pisang setiap hari insyaAllah dapat mengurangi produksi asam lambung.
  2. Buah Pepaya. Selain rasanya yg manis dan segar, buah yang berasal dari meksiko ini dapat memperlancar pencernaan karena serat nya yang tinggi. Enzim papay yang terkandung didalamnya dapat mengatasi rasa pahit dan kembung.
  3. Buah Jeruk nipis. Meski rasanya asam, buah ini mengandung asam asetat dan asam akrobat yang dapat mengatasi penyakit magh, termasuk magh kronis. Ambil buah jeruk nipis, potong beberapa bagian, peras dan masukkan kedalam air hangat. Minum dipagi hari disaat perut masih kosong.
  4. Sayur Brokoli dan Kentang. Brokoli adalah buah yang dahulu dibudidayakan oleh bangsa yunani kuno. Brokoli bermanfaat untuk mengatasi sembelit (konstipasi) dan memperlancar pencernaan. Dalam sebuah studi di Jepang diketahui bahwa mengkonsumsi brokoli dapat mengatasi magh. Sulfurafen dapat meningkatkan. Kentang adalah jenis umbi penawar racun akibat kelebihan asam. Kandungan alkali menjadikan kentang merupakan makanan basa yang kuat yang sangat baik buat penderita magh. Termasuk kandungan antropennya.
  5. Kunyit. Merupakan tanaman rempah dari negeri kita sendiri yang merupakan kelompok jahe-jahean. Di negeri kita, rempah ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Kunyit mengandung curcuminoit yang sangat efektif untuk mengobati peradangan dan luka terbuka pada lambung. Sebelum mengkonsumsi kunyit, perhatikan dosisnya, yaitu cukup peras air kunyit, peras saripatinya, tambah 2 sendok madu, dan konsumsi 2 x sehari.
  6. Lidah buaya. Bunga yang biasa menghiasi halaman depan rumah kita ini mengandung sariapati yang sangat bagus untuk pencernaan, juga berfungsi sebagai anti virus dan anti peradangan. Meningkatkan aktifitas pertumbuhan sel dan dapat membunuh helobakter salfilori yang menyebabkan penyakit magh.

Nah, enak bukan, sambil berbuka atau sahur, kita sekaligus mencegah magh kambuh kembali insyaAllah, selamat berpuasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: