Laman Layanan Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

ImageNUPTK merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah identitas berupa nomor yang diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan baik PNS maupun NON PNS yang berada dilembaga dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama Republik Indonesia. NUPTK bersifat nasional dan hanya diberikan sekali saja kepada setiap PTK yang telah memenuhi syarat selama aktif mengajar diwilayah negara Republik Indonesia. Saat ini NUPTK banyak digunakan  sebagai identifikasi PTK dalam rangka peningkatan mutu pendidikan seperti Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat PTK dan Aneka Tunjangan lainnya.

NUPTK merupakan rangkaian 16 digit angka yang berhak dimiliki oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Kepala TU, Staff TU, Laboran, Pustakawan, Pengawas Sekolah bahkan Penjaga sekolah yang telah memenuhi syarat. NUPTK ini bersifat tetap meskipun PTK tersebut berpindah tugas dari satu Propinsi ke Propinsi lainnya selama berada diwilayah negara Republik Indonesia atau mengalami perubahan data terkait PTK tersebut.

Pengurusan permohonan NUPTK disampaikan langsung kepada operator NUPTK Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dimana PTK tersebut bertugas dan proses pengajuan permohonan ini akan dilakukan secara online oleh operator tersebut.  Untuk mendapatkan NUPTK maka syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  1. Bagi guru PNS/CPNS dapat segera melakukan pengajuan permohonan dengan dilengkapi bukti fisik pendukung berupa SK pengangkatan/penetapan sebagai guru PNS/CPNS
  2. Bagi guru Non PNS, usulan dapat dilakukan jika telah memiliki masa kerja 2 thn dibuktikan dengan SK pengangkatan sebagai guru tetap yayasan (GTY) yang SK pengangkatannya ditanda tangani oleh ketua yayasan atau guru honorer yang SK pengangkatannya ditanda tangani oleh kepala daerah (Gubernur/Bupati/Walikota)

Berkas-berkas yang harus dibawa ketika mengajukan permohonan NUPTK dapat berbeda disetiap wilayah Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten. Namun untuk dapat dikatakan memenuhi syarat, minimal berkas yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  1. Instrumen NUPTK (Download)
  2. SK Pertama/Terakhir (SK PNS, SK GTY, SK Honorer dari Bupati/Walikota)
  3. SK pembagian tugas mengajar dari sekolah
  4. Ijazah Terakhir

Meskipun program PADAMU NEGERI terhitung juni 2013 ini telah aktif, namun pengajuan NUPTK baru masih menggunakan aplikasi NUPTK WEB BROWSER (Download). Dengan adanya pendataan ini diharapkan pemerintah terbantu dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan PTK dimasa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: